Breaking News

KESALAHAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT BUKBER (BUKA PUASA BERSAMA)

KESALAHAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT BUKBER  - Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan satu-satunya bulan yang diperintahkan untuk berpuasa. Bicara soal puasa pasti tidak akan jauh dengan yang namanya sahur dan berbuka karena sahur adalah sebagai pembuka dan berbuka adalah berakhirnya puasa pada satu hari.

Di Kalangan anak muda tentu sudah menjadi trend di setiap ramadhan akan selalu ada yang namanya buka puasa bersama atau biasa disebut bukber,bubar,dll, baik itu hanya berupa kumpul-kumpul biasa atau bahkan sampai berupa suatu acara yang terstruktur seperti reunian, pengajian dan lain sebagainya. Namun ternyata terkadang berbuka bersama meninggalkan nilai-nilai dari ibadah itu sendiri, karena berdasarkan pengalaman banyak hal-hal melenceng yang terjadi saat pelaksanaan buka bersama.

Beberapa hal yang menjadi sorotan saya pribadi antara lain :

1. Menunda mendirikan shalat maghrib atau bahkan melalaikannya

Hal ini yang paling sering terjadi dan hampir ada di setiap sesi buka bersama, apalagi ketika berbuka di tempat makan atau di dalam pusat perbelanjaan yang ramai dan jauh dari tempat shalat. Orang akan cenderung melaksanakan makan berat dahulu dibanding dengan mendirikan shalat maghrib yang seharusnya tidak ada yang ditinggalkan antar keduanya, dengan dalih makanan sudah dihidangkan maka orang-orang lebih baik mendahulukan makan baru kemudian shalat. Dan yang terjadi selanjutnya adalah acara makan bersama hingga mendekati waktu isya dan baru selesai pada waktu isya sehingga hilanglah sudah waktu shalat maghrib.

2. Melalaikan shalat isya dan taraweh berjamaah

Kehilangan shalat isya dan taraweh di masjid merupakan suatu resiko ketika mengikuti acara buka puasa bersama, acara buka bersama dan bertemu dengan kawan lama tentunya hal yang jarang terjadi dan merupakan suatu momen berharga sehingga tidak akan disia-siakan begitu saja dan biasanya akan berlangsung berlarut-larut hingga malam atau bahkan tengah malam dan dengan kondisi lelah setelah berbuka, ketika sampai rumah langsung istirahat dan melalaikan shalat.

3. Membicarakan orang

Acara kumpul-kumpul pasti selalu ada kegiatan yang namanya ngobrol dan ngobrol ini bisa jadi membicarakan orang, sambil menunggu buka ngomongin orang, dan setelah buka pun masih membicarakan orang lain. Lalu dimana pahala puasanya ?

4. Pemborosan

Alih-alih ingin menabung dan berhemat di bulan Ramadhan nampaknya hanya sebuah impian semata, karena ternyata di bulan Ramadhan dengan adanya buka bersama justru memunculkan problematika pada keuangan berupa pemborosan. Karena berbuka di tempat-tempat makan yang pastinya harganya gak ramah kantong anak kos bisa menjadikan suatu ancaman untuk kelangsungan hidup. Akibat berbuka dengan yang mewah-mewah mengakibatkan suatu kontradiksi pada saat sahur, akhirnya sahur dengan menu standar anak kosan yaitu nasi + indomie.

Ini hanya merupakan asumsi pribadi saya selaku seorang manusia dan hamba yang menjalani ibadah puasa, tentulah kondisi di setiap tempat akan berbeda-beda. Sekarang bagaimana kita bisa menyempurnakan ibadah puasa dan jangan sampai berbuka malah menjadi penggugur pahala-pahala puasa yang telah kita raih selama sehari berpuasa. Jauhi yang mungkar dan raih setiap hikmah dari pengalaman yang kita dapatkan saat ini.

Ada yang mau tabahin silahkan komentar.... :)