Breaking News

APLIKASI PEMESANAN KULINER HALAL RANTAUPRAPAT BERBASIS ANDROID DAN WEB



APLIKASI PEMESANAN KULINER HALAL RANTAUPRAPAT BERBASIS
ANDROID DAN WEB

Iwan Purnama
Dosen Prodi Manajemen Informatika, AMIK Labuhanbatu
www.amik-labuhanbatu.ac.id
email : iwanpurnama2014@gmail.com

ABSTRAK
Perkembangan bisnis kuliner di Indonesia diiringi dengan kemajuan teknologi perangkat mobile  telah meningkatkan mobilitas aktivitas konsumen sehingga muncul kebutuhan pencarian lokasi dan informasi tempat makan secara cepat dan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi yang dapat membantu konsumen dalam mencari informasi dan lokasi kuliner dan Pemesanan Kuliner Halal di Kota Rantauprapat pada perangkat mobile Android.
Aplikasi layanan pesan antar makanan ini merupakan aplikasi dengan mobile device yang menyediakan proses pemesanan kuliner di kota Rantauprapat yang bertujuan untuk mempermudah dan mengoptimalkan layanan pesan antar makanan pada kuliner yang ada di Kota Rantauprapat. Menu makanan dilengkapi dengan tampilan gambar dan daftar harga yang sesuai dengan jenis kuliner yang tersedia. Proses pengiriman makanan dilakukan secara manual oleh kurir yang bertugas. Dengan demikian pelanggan yang menggunakan sistem ini dapat lebih mudah melakukan proses pemesanan.
Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi bernama “Glugur.com” pada perangkat mobile berbasis Android yang dapat menampilkan hasil pencarian informasi dan lokasi tempat kuliner Rantauprapat yang diinginkan konsumen. Simpulan dari penelitian ini adalah aplikasi “Glugur” dapat membantu konsumen dalam mendapatkan informasi dan lokasi tempat kuliner serta pemesanan tanpa harus keluar rumah atau keluar kantor.
Kata Kunci : Android, Delivery, Gadget, Handphone, Mysql, Kuliner, PHP, Web

Menurut Penelitian Kettani (2010) populasi muslim di seluruh dunia untuk saat ini sudah mendekati angka 2 miliyar. estimasi populasi muslim akan mencapai 2,049 milyar jiwa pada tahun 2020.




1.     KAJIAN LITERATUR
1.1    Makanan Halal
Memakan yang halal dan thayib merupakan perintah dari Allah SWT yang harus dilaksanakan oleh setiap manusia yang beriman. Bahkan perintah ini disejajarkan dengan bertaqwa kepada Allah, sebagai sebuah perintah yang sangat tegas dan jelas.Perintah ini juga ditegaskan dalam Al Qur’an.
Menurut penelitian Sri dkk, “Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syetan; karena sesungguhnya syetan itu adalah musuh yang nyata bagimu" (TQS Al Baqarah: 168)

Sedangkan labelisasi halal adalah perizinan pemasangan  kata“HALAL” pada kemasan produk dari suatu perusahaan oleh Badan POM. Izin pencantuman ”LABEL HALAL” padakemasan produk makanan yang dikeluarkan oleh Badan POM didasarkan rekomendasi MUI dalam bentuk Sertikat Halal MUI. Sertifikat Halal MUI dikeluarkan oleh MUI berdasarkan hasil pemeriksaan LPPOM MUI.


1.2    Sertifikasi Halal
Menurut penelitian Zailani, Omar, dan Kepong (2011) menyatakan sertifikasi halal sebagai bentuk pengujian terhadap makanan  mulai  dari  persiapan,  penyembelihan,  pembersihan, proses, perawatan, pembasmian kuman, penyimpanan, pengangkutan, sebaik mungkin sebaik praktik manajemennya. Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa sertifikasi halal (halal certification) adalah persoalan pokok yang berasal dari    prinsip agama Islam dan prosedur yang membuktikan bahwa suatu     produk harus bagus, aman, dan pantas untuk dikonsumsi umat muslim. Sertifikasi halal menjamin keamanan suatu produk agar bisa dikonsumsi umat muslim.
Menurut Rajagopal (2002), Sertifikasi halal (halal certification) dapat digunakan sebagai alat marketing dalam mempromosikan produk halal. Dalam hal ini sertifikasi halal merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi minat beli konsumen. Penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa sertifikasi halal adalah faktor yang mampu mempengaruhi minat membeli konsumen.

1.3    PHP
Menurut Iwan dan Ronal (2018) PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf, Pemrograman PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web. Pada Awalnya PHP hanya digunakan untuk mencatat jumlah pengunjung pada homepagenya. Rasmus adalah salah seorang pendukung open source. Karena itu dia mengeluarkan Personal Home Page Tools versi 1.0 secara gratis. Setelah mempelajari YACC dan GNU Bison, Rasmus menambah kemampuan PHP 1.0 dan menerbitkan PHP 2.0.

1.4    MySQL
Database adalah suatu kumpulan data/informasi yang tersimpan dalam sebuah sistem komputer, dimana data tersebut bisa diolah dan direpresentasikan lebih lanjut dengan menggunakan sebuah aplikasi query language, yaitu Database Management System SQL (DBMS). Salah satu aplikasi DBMS yang paling terkenal adalah MySQL.
MySQL sangat populer dalam aplikasi web seperti MediaWiki (perangkat lunak yang dipakai Wikipedia dan proyek-proyek sejenis), PHP-Nuke dan berfungsi sebagai komponen basis data dalam LAMP. Popularitas sebagai aplikasi web dikarenakan kedekatannya dengan popularitas PHP, sehingga seringkali disebut sebagai Dynamic Duo.

1.5    Cascading Style Sheet (CSS)
Menurut Iwan dan Ronal (2018) Dalam bahasa bakunya, seperti di kutip dari wikipedia, CSS adalah “kumpulan kode yang digunakan untuk mendefenisikan desain dari bahasa markup”, dimana bahasa markup ini salah satunya adalah HTML. Untuk pengertian bebasnya, CSS adalah kumpulan kode program yang digunakan untuk mendesain atau mempercantik tampilan halaman HTML. Dengan CSS kita bisa mengubah desain dari text, warna, gambar dan latar belakang dari (hampir) semua kode tag HTML. CSS biasanya selalu dikaitkan dengan HTML, karena keduanya memang saling melengkapi. HTML ditujukan untuk membuat struktur, atau konten dari halaman web. Sedangkan CSS digunakan untuk tampilan dari halaman web tersebut. Istilahnya, “HTML for content, CSS for Presentation”.

1.6    Bootstrap
Menurut Iwan dan Ronal (2018) Bootstrap adalah sebuah framework css yang dapat digunakan untuk mempermudah membangun tampilan web. Bootstrap pertama kali di kembangkan pada pertangahan 2010 di Twitter oleh Mark Otto dan Jacob Thornton. Saat ini Bootstrap dikembangkan secara open source dengan lisensi MIT. Kita bisa memantau perkembangan proyek Bootstrap melalui web resminya di getbootstrap.com dan Githubnya di https://github.com/twbs/bootstrap.
Bootstrap sangat memanjakan kita dalam membuat tampilan web dan membuat kerja menjadi lebih cepat. Bagaimana tidak, kita tidak lagi harus memulai semuanya dari nol ketika membuat tampilan web. Bootstrap telah menyediakan banyak sekali class CSS dan plugin JavaScript yang bisa langsung kita pakai untuk membantu mempermudah kita membuat halaman web. Karena kemudahaan penggunaan, banyaknya komponen dan kelengkapan dokumentasinya, saat ini Bootstrap menjadi salah satu front-end framework yang paling banyak digunakan di dunia.

1.7    Web Hosting
Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa
penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.

1.8    Android        
1.8.1  Sejarah  Android
Menurut Nazruddin (2012:1) ”Android adalah sebuah sistem operasi untuk
perangkat mobile berbasis linux yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi”.
Android menyediakan flatform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka. Awalnya, google Inc. membeli Android Inc. yang merupakan pendatang baru yang membuat perangkat lunak untuk ponsel/smartphone. Kemudian untuk mengembangkan Android dibentuklah Open Handset Alliance, konsorium dari 34 perusahaan piranti keras, piranti lunak dan telekomunikasi, termasuk google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile dan Nvidia.
Pada saat perilisan perdana Android, 5 Nopember 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan open source pada perangkat mobile. Di lain pihak, google merilis kode-kode Android dibawah lisensi apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan open platform perangkat seluler.
Sekitar September 2007 Google menganalkan Nexus One, salah satu jenis smartphone yang menggunakan Android sebagai system operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran 5 Januari 2010. Pada desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung pada program kerja Android ARM   Holdings,   Atheros   Communications,   diproduksi    oleh     Asustek
computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshoba Corp, dan  Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka Android, perangkat Mobile yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaharuan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru.
Pada masa saat ini sebagian besar vendor-vendor  smartphone sudah memproduksi smartphone berbasis Android, vendor-vendor  itu antara lain Dell, Nexus, SciPhone, WayteQ, Sony Ericsson, LG, Acer, Philips, T-Mobile, Nexian, IMO, Asus dan masih banyak lagi vendor smartphone di dunia yang memproduksi Android. Hal ini,  karena Android itu adalah sistem operasi yang open source sehingga bebas didistribusikan dan dipakai  oleh vendor manapun.
Tidak hanya menjadi sistem operasi di smartphone, saat ini Android menjadi pesaing utama dari Apple pada system operasi Tablet PC. Pesatnya pertumbuhan Android selain faktor yang disebutkan di atas adalah karena Android itu sendiri adalah Platform  yang sangat lengkap baik itu system operasinya, Aplikasi dan Tool pengembangan, Market aplikasi Android serta dukungan yang sangat tinggi dari komunitas open source di dunia. Sehingga Android terus berkembang pesat baik dari segi jumlah device yang ada di dunia. 

1.8.2  Versi Android
Versi Android diawali dengan dirilisnya Android beta  pada   bulan   November 2007.  Versi   komersial
pertama, Android 1.0, dirilis pada September 2008.
Sejak April 2009,  versi  Android  dikembangkan   dengan   nama  kode  yang  dinamai berdasarkan makanan pencuci mulut dan makanan manis. Masing-masing versi dirilis sesuai urutan alfabet, yaitu :
a.     Cupcake (1.5)
b.     Donut (1.6)
c.     Eclair (2.0–2.1)
d.     Froyo (2.2–2.2.3)
e.     Gingerbread (2.3–2.3.7)
f.      Honeycomb (3.0–3.2.6)
g.     Ice Cream Sandwich (4.0–4.0.4)
h.     Jelly Bean (4.1–4.3)
i.      KitKat (4.4+).
j.      Lollipop (5.0-5.1)
k.     Marshmallow (6.0)

Selengkapnya Download