Breaking News

Tips Belajar Pemrograman Website

Tips Belajar Pemrograman Website - Bagi pemula yang ingin belajar bahasa pemograman pembuatan website dengan menggunakan PHP biasanya timbul pertanyaan, harus mulai darimana yah? Sebentar bos, bukan mulai darimana dulu, tapi tanya dulu diri anda apa kira-kira sudah memenuhi persyaratan untuk mulai belajar PHP apa belom nih?

Oke, pada dasarnya (kode-kode) PHP adalah alat untuk membangun atau menulis kode-kode HTML secara dinamis. Jadi pada dasarnya websitenya sendiri dibangun masih menggunakan bahasa HTML. Browser hanya membaca bahasa-bahasa HTML dan menampilkannya dalam bentuk halaman website sedangkan kode-kode atau script PHP bekerja di sisi server dan tidak terkirim ke browser.
Jadi jelas, untuk mulai belajar PHP, anda HARUS menguasai bahasa HTML dan CSS dulu. Sedangkan untuk bahasa program lainnya seperti SQL, Javascript, XML dan lain-lain dapat anda pelajari bersamaan dengan PHP.

Selain itu, untuk mahir dalam pemograman PHP alangkah baiknya jika anda mempelajari dulu dasar-dasar Object-Oriented-Programming (OOP) untuk membantu anda mengerti tentang object (obyek), functions (fungsi), variable dan kaidah-kaidah lainnya dalam pemogramman.

Jika anda sudah siap untuk mulai belajar PHP, yang anda butuhkan selanjutnya adalah sebuah komputer yang dapat mengeksekusi bahasa program PHP, untuk kebutuhan ini PHP membutuhkan sebuah server Apache, database MySQL dan email support. Menginstal serta mengatur konfigurasi server, konfigurasi PHP serta MySQL memang bukan hal mudah buat pemula, untungnya kita tidak perlu melakukan pekerjaan yang rumit ini karena di internet sudah tersedia alat-alat yang dapat melakukan instalasi ini secara bersamaan dan mudah, hanya dengan beberapa klik saja. Antara lain XAMPP dan WAMPServer.
Silahkan download dan install XAMPP atau WAMPServer diatas, maka anda sudah memiliki server lokal yang siap untuk menjalankan program PHP serta database MySQL.

Kesabaran sangat penting dalam mempelajari bahasa pemograman, terlebih jika anda mempelajarinya sendiri tanpa bantuan atau bimbingan orang lain. Ngga usah terburu-buru untuk mempelajari kode-kode dan sistem yang rumit. Bagi pemula PHP, tempat yang paling tepat untuk memulai mengerti apa itu PHP adalah di www.w3schools.com. Ikuti aja bagian-demia bagian tutorial PHP yang ada di halaman ini dan ingat, mulailah dari yang dasar-dasar terlebih dahulu, jangan terburu-buru masuk ke pemograman PHP yang advance atau anda akan kebingungan sendiri. Selanjutnya untuk tingkat yang lebih tinggi ada bisa belajar seluk beluk PHP di PHP.net.

Enaknya belajar PHP, ada banyak tutorial-tutorial yang berserakan di halaman-halaman website (salah satunya website ini tentunya) dan kalau kita kesulitan, dengan modal bahasa Inggris yang pas-pasan sekalipun kita bisa coba berinteraksi dan minta petunjuk dari master-master PHP melalui forum-forum yang ada. Kalau favorit saya sih PHPBuilder.com.